Jumat, 08 Maret 2013

Cara Mudah Membuat Power Supply Sederhana

sesuai judulnya, kali ini ane mau share cara bikin power supply.

mungkin agan2 disini udah tau lah apa itu power supply, dan gak perlu ane jelasin lagi.
tapi kalo agan masih belum tau apa itu power supply silahkan cari aja di google ya.. heheheh


langsung aja deh ane kasih skema rangkaiannya


nah untuk trafo nya agan bisa beli yang ukuran 1A aja, boleh yang CT atau yang gak.
trus untuk C2 dan C3 bisa agan abaikan.
lalu C1 nya bisa agan perbesar kapasitas nya. misal di gambar 470uf, agan bisa pake yang 4700uF.
semakin besar semakin stabil tegangannya.

lalu untuk pemilihan IC 1 nya tergantung kebutuhan

jadi agan tinggal masukin 2 angka terakhir di IC 78xx itu
agan perlu yang 5 v jadi 7805
yang 9v jadi 7809
yang 12v 7812
dst
tapi ingat. tegangan input harus lebih besar daripada tegangan outputnya.
misal dari trafonya 12v, trus pake IC yang 7809/7805 ( pokoknya di bawah input ) ini bisa.
tapi kalo dari trafonya 6v, trus agan pake IC 7812. dijamin outputnya gak akan 12v. alias masih 6v.
karena IC ini fungsi nya membuang tengangan lebih dari input ( regulator )
jadi kalo inputnya aja udah kurang, apa yang mau di potong? 










oya, IC 78xx ini maksimum ampere nya cuma 1A. 
kalo mau yang bisa 3A beli aja yang jengkol nya. bilang aja beli 78xx yang jengkol,

nah buat agan2 yang butuh tegangan yang kurang pasaran, misalnya 3,4 / 4,7 / 5,5 dll bisa pake IC LM 317.
bisa baca di artikel ane yang ini

semoga bermanfaat

4 komentar:

  1. Gan makasih yaa, gue lagi dapet tugas dari dosen buat nguasain teknik digital, mikro kontroler, sama elektronika terintegrasi...

    emang lagi butuh PS, tpi lbih bangga kalo bikin sendiri...tengkyu yaa
    kalo boleh tau agan jurusan apa? kadang gue butuh mentor buat sharing atau nanya2 ilmu buat jurusan gue, teknik elektromedik...

    BalasHapus
  2. ane jurusan elektronika di UNIKOM gan, rencananya mau menjurus lagi ke telekomunikasi, soalnya kalo ke kendali udah banyak yang bisa. hahahha
    iya gan, mari kita saling sharing ilmu,ane juga masih belajar, boleh di add aja fb ane facebook.com/Fauzykai

    BalasHapus
  3. wah gan ini bisa buat psu komputer?

    BalasHapus
  4. kalo buat PC kayaknya gak bisa deh, ini kan cuma 1 Ampere gan, gak cukup, hehe

    BalasHapus