Sabtu, 11 Mei 2013

Membuat Sensor Pompa Air, Bak Mandi, Toren, Otomatis ( Water Level Control )

kemaren ane di tanya sama tmn " pernah bikin sensor air gak? " ribet nih mesti cek air udah penuh / kosong, jauh saklarnya "
ane jawab dengan enteng " bisa " padahal belum tau rangkaiannya kayak gimana, wkwkwk
demi pertanggung jawaban omongan ane, akhirnya searching2 dah.
akhirnya nemu juga nih rangkaian yang menurut ane masuk akal,
nih skemanya

langsung malam itu juga ane simulasiin di software proteus, ternyata work nih hahaha
besoknya belanja2, rakit sekitar 2 jam ( di ganggu ngobrol )
dan akhirnya jadi juga,
rangkaian ini habis sekitar 20rb, untuk power supplynya ane pake charger bekas hp tmn, wkwkwk
jadi gak perlu bikin power supply lagi dah, kalo sama power mungkin habis 50rb,
nanti ane fotoin dah alat  yang udah jadinya, malah rencananya mau ane produksi buat duit tambahan,

tapi pas survey ke tmn2 alat yang ane bikin ini terlalu serem, karena ada kabel masuk air 3 biji, padahal kan gak nyetrum, kecil banget, setara sama kalo ente pegang batu batre ABC 2 biji, gak nyetrum kan? padahal sebenernya ada, cuma kecil bgt. jadi gagal deh di jualnya wkwkwk

2 komentar: